13
Sep
09

10 Saran Bersopan Santun dalam Ber-email (Zoran Todorovich)

10 SARAN BERSOPAN-SANTUN DALAM BER-EMAIL (Zoran Todorovich)

Bagi sebagian besar orang, email tampaknya menjadi rahmat sekaligus bencana.
Email dapat menghemat biaya komunikasi,terutama pada orang-orang yg jarang berhubungan dengan kita. Namun, dapat membuat kita menderita dengan menerima banjir”spam email”. Tidak banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi para “spammers” ini kecuali terus-menerusmelaporkannya pd “network administratur” kita. Bagaimanapun, dalam melakukan korespondensi pribadi, kita seyogyanya tetapbersopan-santun untuk menjaga hubungan baik.

Berikut 10 saran bersopan-santun dalam ber-email ria :

1. Benahi susunan email “forwards” anda.Bila anda ingin memforward sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain, maka luangkan sedikit waktu anda untuk menghapustanda yang biasanya muncul. Seperti tanda “>” dsb.

2. Gantilah “Subject” atau Judul email bila topik pembicaraananda berubah.Seringkali setelah saling bertukar email beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, namun “subject” atau judulemail belum juga diganti. Akan jauh lebih mudah untuk melacak email yang masuk bila “subject” disesuaikan dan dapatmencerminkan isi email yang sedang anda tulis.

3. Hapuslah pesan reply yang tidak perlu.Beberapa program email secara otomatis memunculkan isi email yang terdahulu bila anda sedang membalas/mereplynya . Adabaiknya anda menghapus pesan tersebut dan hanya tinggalkan pesan yang benar-benar anda anggap perlu.

4. Jangan teruskan surat berantai.Anda tentu merasa terganggu dan jengkel bila seseorang mengirimi anda sebuah email tentang humor atau cerita-cerita,kemudian meminta anda untuk meneruskannya dengan segera pada 10 teman anda yang lain, atau bila tidak maka anda akan ketibansial. Mengapa anda juga bermaksud mengganggu dan membuat orang lain jengkel bila anda meneruskan email semacam ini? Hapussaja dengan menekan tombol “delete”.

5. Hormati privacy orang lain.Ini termasuk juga alamat email mereka. Bila anda sedang mengirim email ke sejumlah orang yang mungkin satu-sama- lain tidaksaling mengenal, gunakan “bcc” atau “blind carbon copy ” agar alamat-alamat email mereka tidak saling diketahui.Bila anda mudah mengirim email ke banyak alamat sekaligus tanpa mempertimbang – kan saran ini, maka bersiap-siaplah untukdikomplain karena mereka menerima spam.

6. Jangan melakukan spam.Mungkin saja anda tidak sengaja melakukannya, tetapi banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamatemail yang mereka dapat dari “forwarded email”, kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.

7. Jangan berteriak-teriak.Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol “Caps Lock”) dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan. Orang mungkinmenganggap anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali.

8. Jangan mudah “terbakar”, over-reaksi, atau terburu-buru menghapus suatu email tanpa berusaha memikirkannya dgn baik.Dalam bahasa tulis, kita memiliki waktu untuk memikirkan bagaimana kita merespon atas sesuatu email yang membuat kitamarah. Begitu juga dengan beremail ria. Bila anda merasa dipenuhi dengan emosi yang kuat, kemudian menulis balasan dengan emosional pula, maka sebaiknya jangan keburu andakirim email tersebut. Simpanlah dulu dalam “draft folder” selama beberapa hari untuk dibaca ulang.Banyak persahabatan yang hancur gara-gara terburu-buru menanggapi suatu email tanpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.

9. Bersabarlah dalam menunggu “reply”.Ketahuilah, orang tidak hanya hidup dengan internet.Mereka mungkin tidak membalas email anda dengan segera.Masih banyak orang yg men-cek email mereka seminggu sekali.

10. Akuilah bahwa tidak semua orang senang menerima segala yang anda anggap lucu.Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih.

Jangan lupa: Luangkan waktu juga untuk memikirkan apa yang kita forward kan dan kepada siapa kita mem-forwardkan suatuemail. Tidak semua orang setuju atau suka dengan materi yang kita forwardkan.Untuk orang-orang tertentu, subyek-subyek tertentu (yang kita anggap lucu dan menarik atau ringan) bisa jadi sangat sensitif dan serius!!

(diadaptasi dari The Top 10 E-mail Courtesy Suggestions,Zoran Todorovich)-On Eagle’s Wings

japri : gtorinno@kombb.co.cc
FB/twitter:gtorinno


0 Responses to “10 Saran Bersopan Santun dalam Ber-email (Zoran Todorovich)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Gavin Torinno

Calendar

September 2009
S M T W T F S
« Aug   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Blog Stats

  • 41,838 hits

Follow me : @gtorinno

  • Saya selaku pribadi dan kepala rumah tangga ingin mohon maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan baik yg… — path.com/p/2OCTnq 6 months ago
  • Buat gue simple ajah.. Ngeliat kelakuan para supir taksi konvensional bertingkah seperti ini dan didukung oleh… — path.com/p/20Ao5W 8 months ago
  • Udeh kayak artis aje twitter gue mau di hack... ckckckck.... 1 year ago
  • Udah ahhh... stop ahhh... ntar ponten gue jelek kalo di riview ngetweet dia mulu... 1 year ago
  • Baru inget kata bini kalau gue harus behave di sosmed.... apus tweet.... 1 year ago

%d bloggers like this: