05
Aug
09

Ciri2 Blackberry Resmi & Black Market (BM)

*tulisan ini dibuat bukan untuk menjatuhkan dan atau mengunggulkan suatu pihak. Tulisan ini dibuat untuk membuka pikiran kita tentang blackberry sekaligus sharing pengetahuan ke rekan milis lainnya*

image001

Kalo menentukan suatu handset itu Black Market ( selanjutnya disebut BM ) atau bukan, kita sebaiknya melihat ke belakang tentang pola bisnis Research In Motion ( RIM ). Pemilik merk dagang Blackberry.
RIM yang didirikan pada tahun 1984, merupakan perusahaan yang mengkhususkan diri pada peralatan pager DUA ARAH. Pager ini memungkinkan penerima nya akan membalas pesan dari sang pengirim.
Pada tahun 1995, RIM mulai menggunakan tekhnologi di bidang seluler dan kompresi.

Inovasi ini membuat RIM tak perlu membangun menara sendiri untuk menyampaikan pesan.

Seperti kita ingat dahulu, sewaktu jamanya pager, tiap pager mempunyai kode frekuensi tersendiri. Kode frekuensi tersebut harus kita daftarkan ke perusaan radio panggil yang kita kehendaki.
Lalu kita mendapat "call sign’ atau nomer pager tersendiri

Basis pelanggan RIM awalnya adalah corporate.
Karena di handset balckberry, ada fitur yang sampai saat ini belum bisa disamai oleh fitur handset lainnya.
Fitur tersebut dikenal sebagai IT policy.
Dengan IT Policy, perusahaan bisa mengatur peruntukan handsetnya. Misal level manager : boleh sms,call, browse, email acccount 3 buah. Lalu level staf, hanya boleh terima telp dan terima email dari email kantor. Dst
RIM awalnya hanya melayani BES ( Bb Enterprise Service ) di level perusaan. Lalu munculah BIS ( Bb Internet Service ) untuk pengguna perseorangan atau eceran.

RIM menggunakan jalur operator untuk mendistribusikan, menggaransi, melayani keluhan mengenai handset blackberry. Bisa dikatakan operator merupakan ujung tombak pemasaran.
Ketika Indosat bekerja sama dengan StarHub ( Operator Singapura ) untuk memasukkan Blackberry Service pada tahun 15 Des 1994, pelanggan nya masih sangat sedikit. Apalagi ketika itu biaya berlangganan nya masih sekitar 400rb dengan quota 5 MB.
Pelanggan Blackberry Indonesia mulai meledak ketika XL memasukkan BIS dengan harga eceran 199rb untuk quota 15 MB.

Sampai saat hal tersebut keadaan masih aman. Pembelian handset dari operator, hanya beberapa rekan melakukan handcarry dari luar negeri. Bila rusak akan dikembalikan ke operator untuk diperbaiki. Jalur ini diberlakukan sama oleh RIM baik untuk Indonesia atau negara lain. Khusus asia, kantor perwakilan dan service RIM terdapat di Singapura dan Hongkong.
Sampai saat inipun seperti itu.
Peraturan dari RIM melarang operator menolak mengaktivasi layanan backberry pada pelanggan yang datang.
Jadi operator harus tetap memberikan layanan.

Bila handset bermasalah, customer harus mendatangi layanan operator di mana handset tersebut dikeluarkan, UNTUK MENDAPAT GARANSI RIM. Jika diperbaiki di luar itu ? Tak masalah, tentu garansi gugur.
Analogi sama ketika saya membeli mobil ABCDE di pulau Jawa. Lalu mobil tersebut saya bawa ke hutan Kalimantan. Ketika rusak, saya harus ke mana ? Tentu ke dealer ABCDE.
Kalo di perbaiki di bengkel pinggir hutan ? Boleh, namun berpotensi untuk hilangnya garansi.

RIM sendiri tak mempermasalahkan handset nya akan dibawa ke mana dan dipergunakan dengan operator apapun.
Nah hal ini yang sedikit bersinggungan dengan peraturan RI.
Menurut hukum RI, salah satunya : handset tersebut harus membayar pajak DAN terdaftar di pengujian departemen teknis ( baca : postel )
Menurut "hukum" RIM, handset yang bermasalah adalah bila ( dan tak terbatas item ini ) :
– Lari dari kontrak
Handset di luar negeri biasanya sangat murah, karena handset tersebut disubsidi oleh operator. Kemudian pelanggan diharuskan terikat kontrak tiap bulan ( sangat mahal ) sampai jangka waktu tertentu. Lari dari kontrak apabila ybs menghilang dan tak meneruskan kontraknya

– Bukan peruntukan pembelinya.
Misal PT. XYZ di USA membeli 1000 unit handset, dengan alasan untuk staff nya ke operator ABCDE. Ternyata handset tersebut dijual ke pasar bebas. Padahal XYZ membeli dengan harga discount besar. Dengan janji untuk staff karyawannya.

– Handset curian
Sudah jelas

Nah, sudah mulai jelas yah

Yuk diskusi….

Advertisements

1 Response to “Ciri2 Blackberry Resmi & Black Market (BM)”


  1. 1 desuk
    October 5, 2009 at 09:37

    oooooh, makasih sob….
    kalo begitu BM jua OK kok……!!!!!!!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Gavin Torinno

Calendar

August 2009
S M T W T F S
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 41,919 hits

Follow me : @gtorinno

  • Lebih serem dikejar masa lalu daripada dikejar tukang tagih utang.... Suer deh... 6 months ago
  • Kakak @sikecil_ disini eike ucapin hepi bisday lagi yahh... All the best.... 6 months ago
  • Saya selaku pribadi dan kepala rumah tangga ingin mohon maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan baik yg… — path.com/p/2OCTnq 1 year ago
  • Buat gue simple ajah.. Ngeliat kelakuan para supir taksi konvensional bertingkah seperti ini dan didukung oleh… — path.com/p/20Ao5W 1 year ago
  • Udeh kayak artis aje twitter gue mau di hack... ckckckck.... 2 years ago

%d bloggers like this: